Gomez di Liverpool: Perjalanan dan Prestasi

Joseph Dave Gomez (lahir 23 Mei 1997) adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai bek untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Inggris.

Gomez memulai karirnya di Charlton Athletic, masuk ke tim utama pada usia 17 tahun dan bermain satu musim penuh sebelum bergabung dengan Liverpool pada Juni 2015. Setelah memantapkan dirinya sebagai pemain reguler tim utama, Gomez berjuang dengan cedera, tetapi tampil di Liga Champions UEFA 2019 final saat Liverpool memenangkan kompetisi. Dia bermain di final Piala Dunia Antarklub FIFA 2019 dengan Liverpool memenangkan kompetisi tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Dia adalah bagian dari tim yang memenangkan Liga Premier 2019-20, gelar liga pertama Liverpool dalam 30 tahun.

Gomez telah mewakili Inggris di setiap level dan bermain setiap menit di setiap pertandingan ketika Inggris memenangkan Kejuaraan Eropa U-17 UEFA 2014. Dia melakukan debut untuk tim senior Inggris pada November 2017.

Karier klub

awal kehidupan dan karir

Gomez melakukan pemanasan untuk Charlton Athletic pada tahun 2015

Joseph Dave Gomez lahir pada tanggal 23 Mei 1997 di Catford, London Raya, dari ayah Gambia dan ibu berkebangsaan Inggris. Dia bergabung dengan akademi di dekat Charlton Athletic pada usia 10 tahun, melakukan debutnya untuk tim klub U-18 pada usia 13 tahun. Meskipun ada minat yang kuat dari klub lain, Gomez menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Charlton pada bulan Oktober 2014. Debut tim utamanya terjadi di bawah manajer Bob Peeters dalam kemenangan kandang 4-0 atas Colchester United pada 12 Agustus 2014 di Piala Liga 2014-15. bermain 90 menit penuh sebagai bek kanan. Seminggu kemudian dia melakukan debut liga dalam kemenangan kandang 3-2 melawan Derby County di Championship. Gomez terus membuat 24 penampilan pada musim pertamanya.

Liverpool

2015–2017

Gomez berbaris untuk Liverpool pada tahun 2017

Pada tanggal 20 Juni 2015, klub Liga Premier Liverpool mengontrak Gomez dengan kontrak lima tahun dengan biaya £3,5 juta. Dia melakukan debutnya melawan Stoke City pada 9 Agustus, memulai sebagai bek kiri dalam kemenangan 1-0, membantu gol penentu kemenangan Philippe Coutinho pada menit ke-86.

Pada 13 Oktober 2015, Gomez mengalami cedera ligamen anterior yang mengakhiri musim saat bermain untuk Inggris U21. Setahun kemudian, Gomez kembali berlatih penuh di tim utama pada 13 Oktober 2016. Pada 13 November, Gomez bermain 45 menit dalam pertandingan persahabatan tertutup di Melwood. Pada 8 Januari 2017, Gomez melakukan start pertamanya sejak cedera saat bermain imbang 0-0 di kandang Piala FA melawan Plymouth Argyle.

2017–2019

Pada tanggal 23 Agustus 2017, Gomez melakukan debutnya di Eropa, dengan kemenangan 4-2 atas 1899 Hoffenheim di play-off Liga Champions UEFA. Karena cederanya Nathaniel Clyne, Gomez menjadi bek kanan pilihan pertama untuk paruh pertama musim ini; bahkan menjadi starter dalam pertandingan melawan rival Arsenal dan Manchester United; melawan yang pertama dia membantu gol pertama dalam kemenangan 4-0, dan penampilannya melawan yang terakhir mendapat pujian dari para penggemar. Pada akhir Maret 2018, Gomez dipastikan akan melewatkan beberapa pertandingan berikutnya karena mengalami cedera saat pertandingan persahabatan internasional. Pada Mei 2018, Gomez menjalani operasi pada cedera pergelangan kakinya, dan Liverpool mengonfirmasi melalui situs resmi mereka bahwa Gomez tidak akan bermain di pertandingan terakhir Liverpool musim ini, termasuk final Liga Champions 2018. Gomez membuat 31 penampilan sepanjang musim untuk Liverpool.

BACA JUGA  Logo Singa Bola: Simbolisme dan Pengaruhnya dalam Sepak Bola

Sebagai akibat dari kurangnya kebugaran bek reguler tim utama Dejan Lovren dan Joël Matip, Gomez mampu membuktikan dirinya sebagai bek tengah pilihan pertama di pertandingan pertama Liverpool musim ini bersama Virgil van Dijk, menerima pujian atas penampilannya. dan menerima man of the match atas penampilannya dalam kemenangan 2-1 atas Leicester City City pada 1 September. Dia terus tampil di pertahanan klub selama paruh pembukaan musim sebelum menderita patah kaki pada bulan Desember menyusul tantangan dari bek Burnley Ben Mee. Pada bulan Februari tahun berikutnya, ia menjalani operasi untuk membantu pemulihan cederanya. Setelah pulih kembali pada bulan April, Gomez tampil sebagai pemain pengganti untuk Liverpool di final Liga Champions 2019, yang dimenangkan oleh klub tersebut.

2019–2022

Gomez bermain untuk Liverpool di Piala Super UEFA 2019

Gomez memulai musim berikutnya dengan menggantikan Joël Matip yang sedang dalam performa terbaiknya, yang menjadi andalan bersama Virgil van Dijk selama Gomez absen karena cedera pada musim sebelumnya. Gomez mendapati dirinya dipanggil kembali ke starting line-up menyusul masalah cedera yang dialami Matip, dan mendapat pujian setelah serangkaian clean sheet di bulan-bulan musim dingin saat Liverpool memperpanjang keunggulan signifikan di puncak klasemen Liga Premier. Gomez mendapat pujian atas kepemimpinan dan ketenangannya saat menang 1-0 atas rivalnya Everton di Piala FA pada bulan Januari; pertandingan di mana Gomez menjadi satu-satunya pemain senior di lini belakang setelah kepergian awal James Milner.

Gomez mengalami cedera tendon di lutut kirinya saat menjalani tugas internasional bersama Inggris dan berhasil menjalani operasi pada 11 November 2020 untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Hal ini membuat Liverpool mengalami krisis cedera di lini pertahanan mereka, menyusul cedera ACL yang dialami rekan bek tengah Gomez, Virgil van Dijk. FIFA setuju untuk membayar Liverpool £2 juta sebagai kompensasi untuk menutupi gaji Gomez selama dia cedera. Pada Mei 2022, Gomez menjadi pemain pengganti yang tidak dimainkan di final saat Liverpool memenangkan Piala FA 2021-22. Dia juga berada di bangku cadangan saat mereka kalah 1-0 dari Real Madrid di final Liga Champions 2022.

BACA JUGA  Menggambar lapangan sepak bola beserta ukurannya:Membangun Lapangan Hijau Impian

2022–sekarang

Pada 7 Juli 2022, ia menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun dengan klub. Pada 9 November 2022, ia menjadi kapten Liverpool dalam kemenangan adu penalti melawan Derby County di putaran ketiga Piala EFL di Anfield. Pada 16 Oktober 2022, Gomez mendapat pujian tinggi atas penampilannya melawan Manchester City.

Pada 27 Juli 2023, menyusul kepergian kapten Jordan Henderson ke klub Liga Pro Saudi Al-Ettifaq, Gomez menjadi pemain terlama Liverpool di awal musim 2023-24, karena cederanya Trent Alexander-Arnold dan Ibrahima. Konaté serta skorsing dua pertandingan terhadap Virgil van Dijk, Gomez adalah starter reguler untuk Liverpool baik sebagai bek tengah maupun bek sayap.

Karir internasional

Gomez bermain untuk Inggris U19 pada tahun 2015

Gomez pernah memperkuat timnas Inggris di level U-16, U-17, dan U-19. Pada bulan Mei 2014, ia menjadi bagian dari skuad yang memenangkan Kejuaraan Eropa U-17 UEFA 2014 di Malta, bermain setiap menit dari lima pertandingan Inggris dan masuk dalam tim terbaik UEFA di turnamen tersebut. Melalui ayahnya dia bisa saja memenuhi syarat untuk bermain Gambia.

Pada 25 Agustus 2015, ia menerima panggilan pertamanya ke skuad U-21. Pada tanggal 30 Agustus 2017, Gomez diumumkan sebagai kapten Inggris U21 menjelang kampanye kualifikasi Kejuaraan U-21 Eropa UEFA 2019.

Dia menerima panggilan pertamanya ke skuad senior Inggris pada November 2017. Dia melakukan debutnya di Inggris melawan Jerman di Stadion Wembley dalam pertandingan persahabatan, masuk sebagai pemain pengganti untuk menggantikan Phil Jones dalam hasil imbang 0-0. Gomez menerima penghargaan man of the match di pertandingan berikutnya atas penampilannya melawan Brasil, mendapatkan pujian atas sejumlah intersepsi krusial, dan atas kemampuannya meniadakan ancaman Neymar. Dia masuk dalam skuad 26 pemain Inggris untuk UEFA Euro 2024.

Gaya permainan

Gomez lebih suka bermain sebagai bek tengah tetapi juga bisa bermain sebagai bek sayap di kedua sisi. Dia digambarkan sebagai pesepakbola lengkap dan bek tengah yang tenang dalam bermain bola dengan gaya permainannya, dibandingkan dengan Rio Ferdinand yang dia idolakan saat tumbuh dewasa. Gomez juga terkenal karena atletisnya, kecepatan dan kekuatannya; ia mampu menghasilkan lari yang kuat dan berbahaya melalui serangan balik dan dalam pertahanan jarang didominasi secara fisik oleh lawan.

Kehidupan pribadi

Gomez bertemu rekannya, Tamara, pada tahun 2014, di bus dalam perjalanan ke sekolah. Mereka tinggal bersama di Cheshire dan memiliki seorang putra. Sepupunya Muhammadu Faal juga seorang pesepakbola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *